Pre Launcing Pendidikan Vokasi Bisnis Jasa Makanan, Sekolah Vokasi Universitas Djuanda dan Aliansi Kuliner Indonesia Menyelenggarakan Kegiatan Happy Cooking Family (Demo Pastry dan Lomba Menghias Pastry)

Pre Launcing Pendidikan Vokasi Bisnis Jasa Makanan, Sekolah Vokasi Universitas Djuanda dan Aliansi Kuliner Indonesia Menyelenggarakan Kegiatan Happy Cooking Family (Demo Pastry dan Lomba Menghias Pastry)

Blog Single

 

Dalam rangkat Pre Launcing Pendidikan Vokasi Bisnis Jasa Makanan, Sekolah Vokasi Universitas Djuanda bekerjasama dengan Aliansi Kuliner Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan Happy Cooking Family yang terdiri dari demo masak pastry berupa cookies dan donat berbahan dasar sorgum & rempah serta lomba menghias/toping pastry. Kegiatan ini rencananya akan diikuti oleh 40 pasang peserta yang terdiri dari ibu dan anak (TK-SD). Sekolah Vokasi dan Aliansi Kuliner Indonesia mengundang perwakilan UMKM Bogor, Kolega-kolega Kul-Ind dan Sponsor kegiatan untuk mengikuti rapat koordinasi yang dilaksanakan pada Jum’at, 09 September 2022 bertempat di Ruang Perpustakaan Universitas Djuanda. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah Vokasi UNIDA Bogor, Bapak Ir. Himmatul Miftah beserta jajaran, Tim Kul-Ind, Perwakilan UMKM Ciawi, perwakilan Asosiasi Sorgum Indonesia, dan perwakilan sponsor utama dari PT Jaya Fermex.

Kepala Sekolah Vokasi UNIDA Bogor, Ir. Himmatul Miftah, M.Si. menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu dalam rangka pre launcing atau mengenalkan Sekolah Vokasi Bisnis Jasa Makanan kepada masyarakat, UMKM, dan dunia usaha, sehingga besar harapannya banyak pihak dapat mensupport pembangunan sekolah vokasi ini. Selain itu, kegiatan ini juga mengambil tema pemanfaatan pangan lokal sorgum dan rempah yang kaya manfaat kesehatan dan free gluten sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk yang akan didemokan.

Ibu Yosi dari Asosiasi Sorgum Indonesia menyampaikan bahwa sorgum merupakan komuditas yang berpotensi memiliki produktifitas yang tinggi jika dibudidayakan dengan baik dan terencana. Sorgum juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yaitu dapat mengurangi kadar gula darah karena indeks glikemiknya rendah sehingga dapat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Sorgum ini pun free gluten dan baik dikonsumsi oleh masyarakat penderita celiac disease dan masih banyak manfaat lainnya.

Chef Ridwan Dana selaku pemandu demo masakpun juga menyampaikan bahwa “penggunaan sorgum sebagai bahan pembuatan produk pastry terutama bakery seperti donat memberi tantang tersendiri untuk kami sebagai chef, karena kandungannya yang free gluten, maka dibutuhkan resep dan teknik khusus dalam pembuatannya.

Kegiatan Happy Cooking Family ini juga menyediakan mini bazar yang akan diisi oleh stand-stand yang berasal dari UMK bogor, kolega-kolega kul-ind dan sponsor-sponsor.

Related Posts: